Follow Us @soratemplates

Tuesday, September 11, 2018

Berkunjung ke Pemalang, Inilah 3 Kuliner yang Paling Dicari, Asli Enak!



Bepergian di suatu daerah kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan khasnya. Nah kalau kamu melewati jalur pantura, singgahlah dulu di kota Pemalang. Kota yang  terletak di antara Tegal dan Pekalongan ini memiliki beberapa kuliner yang terkenal enak. Berikut kuliner yang paling jadi favorit penduduk lokal maupun  wisatawan

1.         Nasi Grombyang H. Warso
                                                    Foto: kabarpemalang.com

Kuliner legendaris ini benar-benar sedap. Sekilas mirip rawon namun berbeda rasa dan penyajiannya. Nasi grombynag disajikan dalam sebuah mangkok kecil, dengan nasi di bagian paling bawah ditambah potongan daging sapi, disiram kuah kecoklatan penuh parutan kelapa, terasa pas rempah-rempah didalamnya.  Ditambah lagi dengan taburan daun bawang dan bawang merah diatasnya, asli membuat siapapun yang pernah mencoba pengin lagi dan lagi.

Di Pemalang sendiri ada beberapa kios yang menjual nasi grombyang namun  yang paling banyak diminati adalah Nasi Grombyang H. Warso. Hal ini karena selain lezat rasanya, tempat tersebut menjadi pioneer adanya kuliner tersebut. Konon sudah berdiri sejak tahun 1960, Dears.  Selain itu letaknya sangat strategis berada dekat dengan alun-alun Pemalang di Jalan R.E Martadinata. Oiya ciri khas dari tempat jualan nasi grombyang adalah adanya sebuah guci besar berisi kuah yang bergrombyang-grombyang saat diambil kuahnya.  Penasaran? Cobain, Dears!

2.         Lontong Dekem


Foto: Travellingyuk.com

Bagi kamu yang bosan dengan nasi, ada alternatif yang lain patut kamu coba, yaitu Lontong dekem. Hampir seperti nasi grombyang yang kuahnya kental penuh rempah dengan kelapa sangrainya, namun beda  kuliner ini menggunakan  lontong dan  daging ayam .  Ciri khas dari makanan ini adalah adanya taburan potongan  tulang  di dalam  kuah  yang  saat tergigit  terasa kriuk-kriuk.  Lontong dekem disajikan dalam mangkok dengan taburan  remasan kerupuk mie di atasnya.

 Tempat kuliner lontong dekem  yang terkenal adalah Lontong dekem Pak Drajat berada  di Jalan Mochtar, Kebondalem. Tepatnya di sebelah utara masjid alun-alun Pemalang.

3. Sate Loso Pak Mul
                                                        Foto: Kabarpemalang.com

Beda dengan  sate ayam atau kambing yang ada dimana-mana, kuliner ini khas sekali.
Karena menggunakan daging kerbau. Tapi  jangan dibayangkan kalau dagingnya keras, ya,  akan  tetapi tetap terasa empuk. Hal ini dikarenakan dagingnya  sudah direbus terlebih  dahulu  , dimasak kembali dengan bumbu bacem dan barulah  kemudian dibakar.  Dalam penyajiannya, sate loso disiram saus kacang dan dinikmati bersama nasi hangat atau lontong.

Kuliner-kuliner yang diulas tadi  paling banyak dicari pengunjng dari luar kota lho. Yuk! Dears, kalau melewati jalur pantura, saya tawarkan untuk mencicipi makanan khas Pemalang yang dijamin enak, silahkan berkunjung dan mencoba!

No comments:

Post a Comment