Follow Us @soratemplates

Wednesday, December 26, 2018

9 Hal yang Perlu Dipersiapkan Agar Ibadah Umroh Lancar




Assalamualaikum ,

Seperti kita tahu, berkunjung ke Mekah dan Madinah adalah cita-cita hampir seluruh umat muslim di dunia  inginkan,ya. Dan bagi orang yang pernah mengunjunginya, bukannya berhenti  rasa penasaran akan kota ini, namun ada  sensasi ‘berbeda’  layaknya orang jatuh cinta yang rindu. Ingin datang dan bertemu kembali. Beneran deh!

Karena itu, maka  tidak mengherankan jika  antrian berangkat  haji semakin tahun semakin lama.  Selain itu , bertambahnya biro umroh setiap tahunnya menandakan bisnis ini tidak akan sepi peminatnya.

Namun sayang, ketika ada beberapa orang yang meski punya waktu dan dana pergi ke sana tapi ibadahnya tidak maksimal. Tau Kenapa? Ya, Salah satunya mungkin karena kurangnya persiapan fisik maupun mental. Pastinya sayang banget ya, jika kesempatan yang ada, waktu serta dana yang dikeluarkan sia-sia belaka karena kurang persiapan kita ini.

So, Berkaca dari pengalaman saya beserta teman, ada beberapa hal  yang mengusik diri dan ingin saya perbaiki  jika diijinkan untuk kembali ke sana. Sehingga saya berpikir beberapa hal harus benar-benar dipersiapkan. Semua itu  akan saya jadikan pedoman untuk diri saya pribadi dan semoga bisa memberi pengetahuan  lebih untuk para calon tamu Allah yang lainnya. Apa saja hal tersebut? Silahkan disimak!


 9 Hal yang Perlu Dipersiapkan  Agar Ibadah Umroh Lancar dan Mudah

1.      Kuatkan Niat

Niat adalah hal yang terpenting. Karena jika kita beribadah ke tanah suci  bukan semata-mata karena Panggilan Allah SWT, bisa saja Allah Yang Maha Mengetahui tidak ridho akan kedatangan kita. Alhasil bisa terjadi meski kita sampai di sana namun Allah tidak mengijinkan kita beribadah di kotaNYa yang suci.

Pengalaman saya dulu, ada teman yang datang dari Indonesia sehat dan bugar, namun saat tiba di sana sakit. Bahkan sampai tidak bisa melaksanakan semua rukun umroh ataupun melihat Ka’bah di Masjidil Harom.   Wallahu a’lam apa yan terjadi dengan beliau. Saya berdoa semoga Allah memberi kesempatan Ibu tersebut untuk menjadi tamuNYa kembali, Aamiin...

2.      Persiapkan Fisik, Mental Maupun Material

Sejatinya umroh adalah ibadah fisik dan mental. Diperlukan fisik dan mental yang kuat sebelum menjalaninya. Untuk itu dianjurkan memelihara fisik dengan berolahraga sederhana seperti jalan sehat sebelum berangkat ke sana. Selain itu juga stamina dijaga dengan cara makan makanan bergizi serta istirahat yang cukup.

Dari segi material, ikuti petunjuk dari biro untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan seperti berapa stel baju yang harus dibawa,  perlengkapan untuk umroh dan lain sebagainya.

3.      Ikuti Manasik Umroh secara Benar dan Pelajari Rukunnya

Ikuti manasik dengan benar dengan tidak lupa mempelajari rukunnya.  Walaupun  nantinya kita dipandu oleh  seorang Muthawif, namun dari niat yang kita tunjukkan dengan mempelajari rukun umroh secara benar, itu membuat  kita semakin mantap saat beribadah nanti.

4.      Banyak Berdoa untuk Kelancaran, Kesehatan Serta  Cuaca yang Nyaman

Meski saya sudah berkali-kali berdoa sebelum berangkat, tidak ada salahnya jika kita berdoa kembali agar cuaca bersahabat, fisik kita kuat dan nyaman dengan makanan, hotel dan segalanya terutama saat sampai di bandara dan menginjakkan kaki di kota Mekah. 

Saya jadi ingat, sewaktu umroh di awal November yang lalu. Teman satu biro yang sudah berangkat tiga hari sebelumnya mengatakan kalau cuaca disana sangat dingin. Beliau juga menceritakan  kalau beberapa jamaah terkena diare. Dia sarankan untuk membawa baju tebal serta obat-obatan.

Ya, meski saya mempersiapkan diri juga, namun tetap memohon untuk diberi kenyamanan saat di sana.   Jadi saat turun dari pesawat saya berdoa kembali agar suasana  menyenangkan seperti di tanah air.

Dan Alhamdulillah Allah kabulkan juga. Di sana saya dimudahkan beribadah dan bisa sholat setiap waktu di Masjidil Haram karena cuaca bersahabat., tidak panas, dingin maupun hujan. Saya Pun begitu nyaman dengan hotel dan makanan yang disediakan.

5.      Menjaga Sikap , ucapan dan perbuatan di tanah suci

Beribadah Haji dan Umroh  sejatinya itu adalah undangan dari  Allah SWT kepada kita sebagai tamuNYa. Sebagai tamu yang baik, maka bersikaplah secara sopan dengan menjaga hati, sikap, ucapan dan perbuatan di sana. Sekali saja ada pikiran atau hati kita kotor, maka Allah Yang Maha Mengetahui akan memperingatkannya.

Seperti cerita saya saat mau sholat di Masjid Nabawi. Saya sedikit ‘meremehkan’ Nenek yang sudah sepuh, “ Mbah, jalannya kua nggak?  takut kakinya sakit.” Kata saya kepada Mbah tersebut.

Ternyata...
Bukannya Mbah yang nggak kuat jalan,  tapi saya sendiri, wkwkwk.  Astaghfirullah, bener lho, kaki saya sakit dan kram. Dan akhirnya bisa berjalan normal kembali setelah berhenti untuk beristighfar  sejenak.

6.      Senantiasa Beristighfar dan Sholat Taubat Saat Dihadapkan Masalah.

Ketika kita diingatkan  saat di Tanah Suci karena kesalahan yang mungkin kita tidak sengaja melakukannya, maka segeralah beristighfar memohon ampunan dan pertolongan kepada Allah SWT. Agar diberikan jalan keluar.

7.      Maksimalkan Untuk Beribadah Bukan Untuk Berbelanja

Saat Allah beri kesempatan untuk beribadah umroh, maka pergunakan semaksimal mungkin untuk beribadah. Karena belum tentu kita diberi kesempatan yang lain.  Namun jika kita ingin berbelanja cari waktu yang tepat tapi jangan sampai mengesampingkan niat suci ibadah kita.

Pengalaman beberapa orang, untuk oleh-oleh haji /umroh buat saudara atau tetangga, sudah dipersiapkan sebelum berangkat umroh. Termasuk yang saya lakuakn juga. Saya belanja barang-barang seperti kurma, kismis, kacang, sajadah atau jilbab di toko oleh-oleh haji dan umroh. Ini sangat membantu mengurangi barang-barang yang harus dibeli di sana. Hanya beberapa barang saja yang saya rasa di Indonesia tidak saya temukan baru saya beli.

8.      Tertib ikut panduan dari Muthawif

Muthawif dipersiapkan dari biro untuk mendampingi perjalanan haji atau umroh agar dapat berjalan lancar. Ikuti petunjuk Muthawif untuk mengikuti aturan secara benar terlebih jika diminta untuk selalu membawa tanda pengenal kemanapun saat di Tanah Suci.  

9.      Ikuti Apa Yang Disunahkan Rasulullah Namun Tetap Menjaga Diri Jangan Sampai  ‘Mengotorinya’

Banyak orang tahu kalau beberapa tempat di sekitar Ka’bah diyakini sangat mustajab ketika berdoa di sana. Diantaranya adalah Multazam dan Hijir Ismail. Rasulullah juga memberi contoh mencium Hajar Aswad dan Batu Rukun Yamani saat tawaf.

Kalau memang situasi memungkinkan kita untuk bisa melakukannya maka lakukan saja, namun perlu diingat  berhati-hati jangan sampai niat suci jadi malah mengotori hati kita. Contohnya rela berdesak-desakan bahkan menyakiti orang agar tujuan kita sholat di Multazam, Hijr Ismail atau mencium Hajar Aswad terwujud. Begitu juga yang saya lihat di sekitar Maqam Ibrahim, beberapa jamaah dari Bangladesh atau India menangis meratap-ratap di tempat tersebut padahal tidak dianjurkan seperti itu. Jangan sampai niat kita nanti malah menimbulkan kemusyrikan.  

Well Sobat, Ini hanya sharing ya, setelah berintrospeksi panjang mengenai apa yang sudah saya lakukan dan seharusnya saya lakukan jika Allah SWT mengundang saya untuk datang kembali sebagai TamuNya di  Kota Suci Mekah dan Madinah. Aamiin...Ya Rabbal alamin..

Semoga bermanfaat dan buat kamu yang belum ke sana, semoga diberi kesempatan serta rezeki yang cukup untuk berkunjung di kota Suci tersebut menjadi Tamu Allah SWT. Aamiin...Ya Rabbal alamin..

wallahu a'lam bishawab

wassalamualaikum wr wb

20 comments:

  1. Terima kasih share-nya, Mbak. Mudah2an bisa ke sana suatu saat nanti

    ReplyDelete
  2. Ya Allah... semoga saya juga segera di panggil umrah ya mbak.. tips nya sudah saya noted. Ibadah yang diidamkan semua orang..Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Ya Robbalalamiin... Ya, Mba. selian fisik, mental maupun material pengetahuan untuk pedoman umroh sesungguhnya harus dipelajari.

      Delete
  3. Doakan saya juga bisa menyusul ke sana, ya, Mbak. Lengkap banget tipsnya. Makasih, ya, udah sharing.

    ReplyDelete
  4. Aamiin, semoga kelak saya dilancarkan rejeki dan kesempatan mengunjungi tanah suci. Terimakasih sharenya, mb, bermanfaat banget

    ReplyDelete
  5. ah nice sharing mbaaa. Dan noted banget ya yang selalu dihadapkan dengan kejadian saat di tanah suci, kembali lagi diri kita untuk banyak ingat-ingat Allah

    ReplyDelete
  6. sama-sama,Mba. Aamiin..Ya RObbal'alamiin...

    ReplyDelete
  7. aah jadi ingin sekali ke sana. godaan untuk tidak belanja berlebih itu mesti dari jauh-jauh hari diniatkan ya..

    ReplyDelete
  8. Dulu blom umroh krn msh nabung
    Skrg dah ad tp anak msh 20 bln
    Huhuhu
    G trmasuk niatny kurang kn mb
    Jujur aj msh blom ad bayangan klo bocil msh d bwh 2 th

    ReplyDelete
  9. Makasih sharingnya doakan supaya saya bisa secepatnya menginjakkan kaki di tanah suci 🙏

    ReplyDelete
  10. jadiii pengeeeennn.. rindu tapi belum pernah berkunjung.

    ReplyDelete
  11. terima kasih sharingnya mbak, harus dicatet nih. Mudah-mudahan dapat undangan ke Baitullah

    ReplyDelete
  12. Baarakallah, Mbak.
    Sharingnya bermanfaat sekali. Betapa bahagianya yg berkesempatan beribadah ke tanah suci dg lancar dan mabrur pun diperoleh.
    Insya Allah, selalu memupuk cita2 untuk segera ke sana. Aamiin

    ReplyDelete
  13. noted. Thanks sharingnya mbak, bermanfaat sekali.

    Sementara ini persiapan saya baru sebatas menghadirkan niat dan berdoa, semoga nantinya pun saya bisa menginjakkan kaki di tanah suci. In syaa Allah.

    ReplyDelete
  14. Saya sering sekali mendengar cerita-cerita dari teman-teman yang sudah pergi haji ataupun umroh. ternyata apa yang mereka alami di sana tidak terlepas dari apa yang mereka lakukan sehari-hari sebelum berangkat. Jika orang itu suka mengeluh, selama di sana akan selalu mengeluh, Begitu juga kalau ada yang suka mencela terhadap makanan, selama di sana ia merasa semua makanan tidak enak. Ternyata kita harus benar-benar menjaga sikap dan ucapan, bukan hanya saat di tanah suci. Mudah-mudahan suatu saat saya bisa juga pergi ke tanah suci.......

    ReplyDelete
  15. Wa'alaikumussalam wr wb.
    Aamiiin yaa Robbal alamiiin... mau banget ya Allah, saya berkunjung ke tanah suci-Mu.
    Terima kasih sudah share secara lengkap apa-apa yang perlu dipersiapkan untuk ke sana, Mbak.

    ReplyDelete
  16. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    p1n bb:*58ab14f5

    ReplyDelete