Follow Us @soratemplates

Thursday, December 20, 2018

Buat Buku Cernak Pop Up Sederhana, Ketika Kreatifitas dan Kerjasama Tercipta di Sini!





Hallo Sobat Blogger, 

Memfasilitasi anak dengan menyediakan banyak buku cerita adalah salah satu cara yang jitu membuat anak senang membaca, ya.  Apalagi jika buku yang kita berikan berisi cerita menarik dengan ilustrasi yang bagus. Nah, selain buku cerita yang memanjakan mata dengan colorful ilustrasinya, ada juga buku 3 dimensi yang ketika dibuka langsung Pop  alias muncul dan Up berdiri gambar visualnya.  Itulah buku Pop Up. Buku Cerita  Pop Up ini sangat istimewa karena di sini berbagai  kreatifitas menyatu. Mulai dari penulisan cerita yang menarik, ilustrasi serta teknik membuat dimensi bendanya muncul ketika dibuka ada disini.

Buat informasi saja, ya Sobat, karena saking penasarannya sama buku Pop Up ini, saya sampai membuat pameran buku cerita Pop Up  berbahasa Inggris sebagai tugas proyek siswa siswi saya, lho. Kebetulan saat itu kita sedang dalam materi Narrative Text. Event ini cukup sukses dengan lebih dari 200 buku Pop Up yang memanjakan mata tersaji  dan sekarang menjadi penghuni perpustakaan  sekolah.

Well... tampaknya tidak fair ya, kalau siswanya disuruh buat dengan sepenuh hati tapi bu gurunya hanya menikmatinya saja. Maka saya dan anak saya coba membuatnya juga. Buku Pop Up yang kita buat ide ceritanya dari anak saya yang masih kelas 1 SD. Kesukaan kita berdua yang sama-sama suka mengarang cerita, menggambar dan mewarnai tampaknya jadi jurus jitu terbentuknya buku Pop Up ini.

Nah Sobat, sebelum cerita lebih jauh, saya ingin share apa dan bagaimana Pop Up Book  ini dibuat. Yuk simak di sini!

Apa Itu Buku Pop Up

Buku Pop Up adalah buku  3 dimensi yang dibuat dengan rakitan serta ketelatenan tepat pada penempatan titik dimensi agar ketika dibuka muncul dimensinya dan ditutup masih tetap rapi.  Munculnya dimensi ini sangat menarik, sehingga tidak mengherankan jika kebanyakan buku ini terkemas dalam buku cerita atau buku pengetahuan untuk anak. Dan karena kerumitan pada komponen rakitan kertas yang dibutuhkan saat finishing , maka pantas  kalau harga buku ini menjadi mahal.

Dalam proses pembuatannya, beberapa seniman menggunakan teknik dasar pop-up, di antaranya v-folding, internal stand, rotary, mouth, dan parallel slide. Saya tidak menjelaskan secara detail bagaimana teknik ini,  karena memang kurang begitu menguasai.Namun jika kita ingin membuatnya
ada seniman terkenal yang memberikan beberapa template gratis. Salah satunya adalah Robert Sabuda di blognya www.RobertSabuda.com. Disini kita bisa mencetak template dan membuatnya sesuai petunjuk yang ada. 

Step Membuat Buku Pop Up Sederhana

Buku Pop Up sederhana kami  ini dibuat hanya 2 hari saja. Dan melibatkan orang satu rumah, hehehe.. Setelah berdiskusi tentang isi cerita yang akan ditulis, kemudian Si bapak potong-potong kertas kardus sesuai ukuran yang diinginkan.  Beliau melapisinya dengan kertas putih  yang diambil dari buku gambar bekas.

Selanjutnya si Ibu membuat gambar ilustrasinya dan si Anak yang mewarnai menggunakan crayon. Kebetulan ada 2 template yang saya ambil dari www. Robert Sabuda.com karena sesuai dengan isi cerita kita. 2 template tersebut adalah template ikan hiu dan kapal. Template yang lain saya buat menggunakan teknik v fold dan parallel slide.

Setelah template dicetak, ikuti petunjuknya agar posisi titik untuk 3 dimensinya tepat sesuai petunjuk.
Naskah cerita kemudian diketik agar mudah dibaca.

Akhirnya  jadilah buku cerita Pop Up sederhana kami. Meskipun ceritanya masih 'acak kadut' karena si Ibu baru belajar nulis dan ilustrasinya agak sedikit 'nyeleneh', namun lumayan lah bisa membuat anakku senang. Apalagi melihat apresiasi dari teman-temannya juga, tambah buat dia lebih percaya diri....Daaaan....Inilah penampakan buku Pop Up sederhana kami.







Persahabatan Hewan Laut

Di sebuah laut yang luas, hiduplah beberapa ikan dan makhluk  laut lainnya yang saling bersahabat dan suka menolong. Mereka adalah para ikan, gurita dan kura-kura. Mereka suka berkumpul dan berdiskusi bersama.

Pada suatu hari ketika si gurita, kura-kura dan para ikan cantik sedang berdiskusi, tiba-tiba terlihat ikan dengan taringnya yang besar yang membuat ikan kecil takut melihatnya. Brr..brr..

Ternyata itu adalah Shark si Ikan hiu. Dia memperlihatkan taringnya yang runcing yang membuat mereka lari menjauh.“Mengapa mereka pergi , padahal aku kan juga ingin bermain bersama,” kata si Shark sedih.

Kemudian di suatu pagi yang cerah saat Shark sedang berjalan-jalan, dia melihat sebuah kapal  di tengah laut.  Kapal tersebut menangkap banyak ikan dan hewan laut lainnya. "Tolong..tolong," teriak para Ikan di dalam jaring

Shark yang mendengar langsung mendekat dan berusaha memotong jaring tersebut untuk menolong mereka.  Akhirnya kapal pun menjauh karena  melihat kedatangan hiu besar.

Ternyata meski Shark terlihat menakutkan, tapi dia berhati baik. " Maafin kami, ya, Shark karena kemarin tidak mau bermain denganmu" kata salah satu Ikan cantik. Shark mau memaafkan mereka.  Kini mereka bersahabat dan laut kembali menjadi  damai.


18 comments:

  1. Aku juga ngasih anakku buku dan pensil juga crayon biar mereka bereksperimen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda, biar daya kreatifitasnya selalu muncul.

      Delete
  2. Ayo, Mba dicoba, Anak pasti senang

    ReplyDelete
  3. Masyaallah bunda, itu keren banget bukunya. Ceritanya juga menarik. Pasti anak2 senang membaca dengan melihat buku seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya BUnda, senang banget mereka. kemana-mana bukunya dipamerin, hehehe...

      Delete
  4. Wah, bagus banget. Saya baru tahu buku pop up. Buku tiga dimensi yang bisa kita buat sendiri.

    ReplyDelete
  5. Ayo buat, Mba Lia. Kebanyakan buku ini buku impor dan mahal harganya karena memang desainnya menarik.

    ReplyDelete
  6. Dah lama pengen buku pop up, eh malah ada tutorialnya sama mbak noorita. Makasih ya mbak... Mau buat juga ah sama bocah...

    ReplyDelete
  7. Wah keren mbak..bikin sendiri.. kreatif bgt, lumayan kalo beli harganya agak mahal

    ReplyDelete
  8. wow, perlu dicoba nih.. terimakasih sharingnya mba

    ReplyDelete
  9. Wow
    Keren idenya
    Kapan waktu boleh coba di sekolah
    Bareng anak-anak

    ReplyDelete
  10. Cakeep Bunda hasil buku pop up nya. Kalo sengaja beli di toko buku lumayan juga harganya :)

    ReplyDelete
  11. Wah, nice info. Anak saya pernah dapet tugas bikin kartu pop-up. Ini keren karena malah udah jadi buku.
    Makasih infonya, Mbak. Terutama info template yg saya ga tau sebelumnya :)

    ReplyDelete
  12. Wah, sekeren buku pop up di toko2 besar ya...
    Boleh ditiru ini caranya...
    Eh, galfok sama modelnya, cantik 😊

    ReplyDelete
  13. MaasyaaAllah keren ya bunda..
    Kreatif sekali...
    Bisa menambah daya imajinasi si anak untuk berekpresi...

    ReplyDelete