Follow Us @soratemplates

Tuesday, January 1, 2019

Pantas Dijadikan Resolusi, Inilah 6 Alasan Menulis Buat Hidup Lebih Bermakna!



Assalamualaikum Teman,

Tidak terasa, ya kita sudah memasuki awal tahun 2019.  Iya baru saja kemarin tanggal 31 Desember, sekarang udah tanggal 1 aja, he...

Masih ingat resolusi tahun lalu? Berapa banyak yang bisa kamu capai dan mana yang masih ditangguhkan untuk berhasil?

Atau mungkin ada sesuatu yang tidak direncanakan  sebelumnya, namun tiba-tiba muncul, mengalir dan malah menjadikan berharga. Layaknya  ‘ harta karun’ yang lama terpendam dan kemunculannya tidak disangka-sangka?.  Kalau  iya, sama donk, seperti saya.

Di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan saya seperti biasa saja. Hanya mengurus suami dan anak juga mengajar di sekolah.  Namun tiba-tiba ada sesuatu hal yang menarik saya untuk masuk ke dalamnya. Iya, sebuah tantangan untuk menulis artikel dari website Estrilook.
Artikel itu awalnya  ditulis dalam blog, kemudian diikutsertakan dalam tantangan. Karena  pantas untuk diterbitkan, maka muncul di website. Nah itulah yang membuat saya aktif ‘ngeblog’ kembali.  Ya, dulu di tahun 2010 pernah sih menulis di blog, tapi habis itu nggak tau deh, menghilang begitu saja.

Anddd...It works!, Sejak menulis di blog, ikutan jadi kontributor menulis  sampai artikelnya terbit,  membuat saya lebih percaya diri. Hidup jadi lebih produktif dan terarah.

Tahu kenapa?

Iyes, teman. Dengan banyaknya manfaat dalam menulis, hidup saya jadi lebih bermakna. Inilah juga yang akan saya jadikan resolusi untuk lebih banyak menulis di tahun ini. Apa saja alasannya, cap cus cuy...



1.     Meninggalkan Jejak Berarti Dalam Hidup
Langkah manusia di dunia ini pasti meninggalkan jejak. Terkadang kita tidak sadar, kalau sebenarnya sesuatu yang terjadi dalam hidup kita begitu banyak yang berarti, kamu pernah berpikiran seperti itu?

Dan ...ketika hal itu muncul, akan sayang sekali jika menghilang bersama waktu. Nah, menuliskannya di blog akan mengingatkan saya tentang jejak yang sudah dilalui.

2.     Sarana Curhat

Kayaknya sudah jadi kodrat wanita kalau suka curhat, ya. Curhat sama teman, orang tua atau orang terdekat kita. Meski kadang memberikan solusi ataupun tidak, curhat itu asyik kita lakukan. Apalagi curhat tentang orang lain..eitts..jangan donk, itu namanya menghibah hehehe...

Buat saya, selain curhat pada orang, menuliskannya di dalam blog juga menyenangkan.

Karena setelah menuliskannya, pastinya saya baca lagi, saya resapi, dan setelah itu biasanya ‘hikmah‘ akan muncul. ‘Hikmah’ berupa kesadaran diri. Baik- buruk atau benar-salahnya sesuatu yang sudah saya lakukan itu.


3.     Menunjukkan Eksistensi Diri

Eksistensi diri sejatinya adalah penilaian ada atau tidak adanya pengaruh keberadaan kita di hadapan orang lain. Apabila orang lain menganggap kita mempunyai sebuah eksistensi, maka keberadaan kita sudah dianggap dan dapat diperhitungkan oleh orang-orang di sekeliling kita.

Ini penting buat saya, karena saya sering malu mengutarakan pendapat. Bisa dikatakan tidak suka berdebat, tapi juga nggak suka diam, bingung kan, gimana karakter saya wkwkwk. Kayaknya karakter orang seperti itu sering tidak diperhitungkan, hihi..poor me!
Tapi dengan menunjukkannya lewat tulisan, saya percaya dan yakin mereka mengakui ‘keberadaan’ saya.

4.     Memaksa Diri Untuk Selalu Belajar

Belajar kok dipaksa, aneh kan?
Tapi kenyataannya memang seperti itu, Teman. Terkadang saya suka malas belajar, maksudnya baca buku yang berkualitas gitu.

Nah, dengan aktif ngeblog, itu jadi cambukan buat diri untuk selalu belajar. Buat cari inspirasi tulisan.

Meski belajar tidak hanya lewat buku saja, tapi juga dengan mengunjungi blog dan membaca tulisan teman-teman, itu bisa dapat sensenya..
Menulis tanpa amunisi membaca, non sense banget, kan? setuju nggak? 

5.     Memberi Inspirasi Kepada Orang Lain

Menjadi seorang inspirator? Bukankah itu sangat luar biasa? Tapi pertanyaannya apakah benar tulisan saya bisa menginspirasi?
Maybe Yes, Maybe No
Iya, itu tergantung penilaian pembaca, sih!. Apakah tulisan saya ada nilai positifnya buat mereka.  Tapi yang terpenting dari semua itu adalah niat ingin berbagi sesuatu yang baik. Itu saja.

6.     Bisa Buat Nambah Income.

Iyes, Alhamdulillah meski belum banyak, tapi setidaknya honor tulisan itu sudah buat saya berbangga diri. Pengennya sih di tahun ini selain dapat  dari hasil menulis artikel di website, bisa dapat dari hasil ngeblog juga, aamiin...

Ok, teman, itu 6 alasan mengapa saya menganggap menulis membuat hidup lebih bermakna. Pastinya teman –teman senior di dunia blogging ini punya lebih dari 100 alasan asyiknya dunia ini. Salam...


'Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day1 dst.

6 comments:

  1. Semoga istiqomah mb. Semangat terus berkarya.

    ReplyDelete
  2. Trims, Mba, semoga Mba juga begitu

    ReplyDelete
  3. Keren ney ibuk guru yang satu ini... Tulisan nya sudah mulai wara wiri di sosmed... Patut dicontoh, biar kedepan nya saya pun bisa membuat tulisan yang bisa menginspirasi banyak orang dan juga bermanfaat, Joooss Gandosss

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mba..., masyaa Allah banyak ya manfaat menulis , jadi bikin tambah semangat nih. Semoga Allah mudahkan mba Noor yaa, dan juga saya yang masih belajar konsisten menulis

    ReplyDelete
  5. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    p1n bb:*58ab14f5

    ReplyDelete