Follow Us @soratemplates

Monday, May 11, 2020

Jadi Cinta sampai Menghasilkan Rupiah dari Masak. Asyiknya Yummy App, Bikin Masak Jadi Mudah!




“ It’s okay  cewek nggak mahir masak, toh banyak restoran yang buka, bukankah setiap orang punya passion sendiri-sendiri, Bu?” begitu kata adik bungsu saat ibu memintanya belajar masak.  Ibu  bersikap seperti itu karena khawatir anak cewek kok nggak bisa masak, bagaimana tanggapan suaminya nanti. Bukannya nurut, eh dia malah berdalih dengan banyak alasan. Biasalah anak jaman now, kalau dinasehati suka mau menangnya sendiri.


 Bukan hal yang salah memang kalau cewek nggak suka masak. Karena benar setiap orang punya passion berbeda-beda. Kalau tidak suka tidak bisa dipaksa. Tapi menurutku kalau seenggaknya punya niat ingin belajar dan mau sedikit melangkah, bukan tidak mungkin rasa sungkan masak jadi cinta kalau sudah masuk ke dunia ini.

 

Kalau mau disadari, memasak makanan sendiri itu banyak manfaatnya. Dari mengirit pengeluaran, menyenangkan diri sendiri dan orang lain sampai melatih kreatifitas, memasak ini jadi hobi yang mengasyikkan. Terlebih di masa pandemik sekarang, saat setiap orang diwajibkan di rumah saja, memasak sendiri jadi pilihan tepat karena lebih aman, sehat dan bergizi. 





Meskipun sudah tahu banyak manfaatnya memasak tapi kalau belum melangkah tampak terasa berat, terutama bagi anak muda jaman now seperti adik saya. Jadi ingat awal belajar masak dulu, saat itu aku masih jadi anak kos. Ada program masak bersama di kos kami. Program ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran dan memaksa penghuni kos belajar memasak. Membantu kami untuk bisa tercukupi makan meski dalam keadaan 'menderita' karena kiriman belum datang. Dalam programnya kami diwajibkan bayar iuran hanya Rp. 100.000 dengan beras 5 kg perbulan. Dibandingkan dengan pengeluaran untuk makan di luar, tentulah uang segitu belum apa-apa. Kemudian dalam programnya, jadwal masak dibuat perhari 2 orang, untuk memasak makan pagi (untuk siang hari juga) dan sore bagi 20 penghuni kos. Budget untuk beli sayur dan lain-lain Rp. 75,000 per hari. Kelihatan sedikit buat 20 anak, tapi herannya kami tetap bisa makan masakan yang yummy dan bergizi. Namun sayang terkadang ada rasa bosan karena nemunya masak itu-itu saja. Untuk memastikan ukuran berapa porsi agak sulit. Jadi untuk menyiasatinya terkadang aku telpon ibu dan tanya ide masakan sebagai menu teman-temanku itu.

 
Bersama teman-teman kos

 
Beberapa tahun kemudian, setelah menjadi ibu, kesukaan akan memasak semakin menjadi, apalagi suami dan anak demen makan. Nggak menyangka kebiasaan masak bersama teman jadi pengalaman berharga. Namun persoalan sama muncul seperti saat masak di kost dulu yaitu ketika ide masak mentok hanya itu-itu saja. Anak-anak suka bosan. Alhasil makanan dan tenaga yang dihasilkan jadi terbuang percuma.

Ingin bereksperimen lebih, namun berpikir ulang, lihat dompet. “ Ah, bisakah jatah uang makan ini sesuai tanggalnya?”  Jadi ibu harus pintar segalanya, ya. Hal lain yang suka jadi drama adalah saat anak mengeluh ibunya banyak menghabiskan waktu di dapur. Persoalan itu kalau berlarut-larut bisa berbahaya, jadi harus dicari solusinya. Kalau bisa dibuat gampang kenapa harus susah?  

Dengan niat itu, aku berselancar di dunia maya sambil cari tips-tips mudah memasak. Cari tahu bagaimana buat aneka bumbu dasar biar masak lebih cepat, tentang tips menyimpan bahan makanan, dan yang terpenting mencari  variasi menu biar anggota keluarga tidak bosan. Daaan... ternyata aku temukan lewat postingan sosial media yang muncul di beranda. Ya, konten itu adalah ‘Yummy App’.  Selanjutnya untuk memudahkan dan mengeksplorasi lebih tentang dunia masak-memasak, aku install  aplikasi  Yummy App’  dalam smartphoneAh, kenapa aku baru kenal sekarang. Yummy App ini menyediakan banyak kemudahan, sesuai slogannya, #Masakjadigampang.


Asyiknya  Pakai Yummy App





 Tersedia tips mulai dari mengolah, memasak sampai platting masakan.

Ada yang seperti saya? Suka ribet mempersiapkan bahan makanan?

Meski sudah terbiasa masak, terkadang hal yang simple seperti cara mengupas telur biar rapi, cara mem-fillet ayam, bahkan cara menyimpan bahan makanan biar awet aku kurang menguasai. 

 

Di Yummy App ini ada bagian kategori “Yummy  Tips.” Mau cari tips apa? Tips mulai dari mempersiapkan, mengolah bahan atau cara platting makanan lengkap ada disini. Sangat membantu kita terutama yang baru belajar masak. 


Dalam kategorinya, kita juga bisa menjumpai Yummy resep dasar, makanan pembuka, minuman bahkan MPAsi alias makanan pendamping asi juga ada. Keren banget aplikasinya.


 



Memasak mudah hanya dengan lima langkah


Yummy App menyediakan resep serta video yang berdurasi paling lama 45-50 menit. Yang buat jatuh cinta, kita dituntun hanya dalam lima langkah. Buat orang yang nggak sabaran, dipastikan, lima langkah ini bisa menuntun  kita memasak sesuai menu yang diinginkan mau makanan berat atau ringan.

 Tersedia banyak resep


 “ Bu..aku bosen makannya itu-itu aja,” ah, biasa keluhan dari mulut si kecil yang biasanya diikuti dengan aksi GTM alias gerakan tutup mulut. 

Ini jadi drama yang buat baper. Mungkin ibu-ibu yang lain juga mengalaminya saat nyuruh anak makan. Tapi sejak ada Yummy App di smartphone, drama seperti ini bisa dihindari.  

Meski nemu bahannya cuma tempe, tahu, telur atau ayam,  namun jangan kuatir varian resep bahan itu di Yummy App ada banyak. Bukan itu saja, resep-resep yang ada juga dilengkapi dengan ukuran porsi untuk berapa orang yang mengonsumsi. Ini bagus jadi menuntun kita kalau ingin masak lebih buat dibagikan tetangga. 

" Ayo adek, yuk kita masak bareng sambil liat video ini." 

Tanpa marah-marah, persoalan selesai. Ibu asyik masak, si kecil pun ikut asyik menikmati tontonan videonya. Memang sebagai seorang ibu, kita harus lebih kreatif. 


 Tersedia fitur memasak yang menyesuaikan budget


Jadi anak kos dulu, suka bingung saat budget mulai menipis. Saat sekarang sudah menjadi ibu pun tidak mudah mengatur keuangan di akhir bulan. Bersyukur, Yummy App ngerti banget tentang permasalahan ini.

 

Misal budget masak kita hari ini hanya Rp. 20.000, bingung mau masak apa. Mudah sekali solusinya, tinggal ketik saja di filter resep Yummy App. Nantinya kita direkomendasikan beberapa resep masakan yang hanya mengeluarkan sesuai budget. Pilihlah yang  kita suka.

 

Saat tanggal tua, apalagi dalam keadaan sulit pandemik seperti ini masih bisa berkreasi makanan demi menyenangkan keluarga, terasa bahagia. Tetap bisa makan enak meskipun murah!





Jadi penuntun masak sesuai bahan yang tersedia di kulkas


Stok makanan di kulkas hanya bahan seadanya dan belum sempat belanja? Pernah seperti ini? Persis pengalamanku kemarin. Udah sore pengen buat makanan tapi bingung mau buat apa karena belum sempat belanja.

 

Ingat di  Yummy App ada fitur ini. Hanya dengan memasukkan kata kunci menu makanan yang tersedia di kulkas, resep dan menu andalan pun muncul. No more panic, bahan seadanya tetap bisa masak spesial. Dan akhirnya jadilah cemilan sehat lumpia sayur yang aku sontek dari Yummy App siap disajikan. Tak lupa pula aku buat pendampingnya berupa saus lumpia.





  Berbagi resep bersama komunitas



Kalau sudah mahir bagaimana? pastikan kita ke level berikutnya. Ubah potensi yang ada untuk menghasilkan uang. Yes, ini juga yang ada dalam pikiranku. Ternyata tidak sulit, tinggal masuk ke halaman komunitas, kemudian klik “Buat Resep.”

 

Di situ kita diminta mengisi mulai dari judul, deskripsi, bahan-bahan, cara memasak hingga foto-foto resep. Udah rencana nih mau buat foto-foto yang bagus dan memastikan struktur penulisan terisi dengan benar. Setelah Upload Resep”  dan postingannya diterbitkan di Yummy app, pasti ada kebahagiaan tersendiri, hihihi...



      Mau naik ke level berikutnya? Ikutan kompetisi masak untuk meraih 100 poin setiap resep masakan yang disetujui chef Yummy



Meski suka masak, tapi kalau ikutan kompetisi gitu masih nggak pede. Tapi kalau kompetisi di Yummy App? Mungkin ini jadi alternatif yang baik buat orang pemalu kayak aku.

 

FYI, ternyata ketika resep diterima dan diterbitkan, kita bisa dapat 100 poin atau setara dengan Rp 10.000. Baiknya Yummy App ternyata ini dibuat agar para chef lebih kreatif dalam menciptakan resep masakan.


Lalu bagaimana caranya?


Kalau yang ini pastikan sebelum kita  upload resep masakan dan mengikuti kompetisi, kita mengisi dulu halaman “Akun Bank” dan menyertakan foto rekening serta  KTP. Kemudian, melengkapi seluruh data-data yang diminta.




Awards buat Yummy App






Yummy app ini ternyata pernah mendapatkan award di akhir tahun 2019, sebagai aplikasi terbaik Google Play 2019 di kategori esensial sehari-hari. Tentunya prestasi ini diakui bahwa Yummy App membantu penggunanya untuk menjalankan tugas sehari-hari dengan lebih efisien dan tidak terburu-buru.


Dengan munculnya aplikasi ini tampaknya bisa mengobati para generasi Z yang malas turun ke dapur. Jangan heran jika nantinya setelah cinta masak, berbagai menu kreatif mereka akan banyak yang muncul dan bisa dijadikan usaha yang menjanjikan.



Well, Jaman sekarang  dengan adanya kecanggihan teknologi, terutama aplikasi bermanfaat yang tinggal diinstall saja  dalam gawai kita, hendaknya buat kita semangat berkarya. Buat kamu yang hobi masak, nikmati keuntungan yang ada dengan menyediakan aplikasi Yummy App di telpon pintarmu. Masak jadi irit, enak dan menyenangkan dengan Yummy AppYuk cari tahu tentang Yummy App kelebihannya di sini.


Pastinya Yummy App buat #MasakituGampang! Jadikan mood kita senang.



Tulisan ini diikutkan dalam lomba # Blog Competition Yummy x Popmama 2020.


 



25 comments:

  1. Waah keren nih aplikasi Yummy, apalgi yg hobi masak. Bisa bgt nulis resep di Yummy dan dpt duit.. Ihihi
    Aku juga beberapa kali nulis resep di blog karena suka lupa kl mau bebikinan lg mbak. Mau cobain nulis di Yummy ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ellaaaa si jagoan blogger...terima kasih sudah mampir. Hayuk ditunggu tulisan resepnya.

      Delete
  2. Ini aplikasi yang bermanfaat banget. Saya pun pakai buat nyari ide camilan buat anak-anak. Simpel dan murah meriah. Anak-anak mau jajanan pasar yang sehat tinggal meluncur, deh. Keren emang mba.

    ReplyDelete
  3. setuju banget ya masak itu makanan lebih terjamin sehatnya dan saya baru tahu ada aplikasi yummy untuk masak gini, bakal bermanfaat banget buat aku yang masih belajar masak niy hehehe

    ReplyDelete
  4. betul setuju sekali memasak itu lebih terjamin keamanan dan kebersihannya dna saya baru tahu ada aplikasi yummy app bakal bermanfaat banget buat aku yang masih belajar memasak niy

    ReplyDelete
  5. betul setuju sekali memasak itu lebih terjamin keamanan dan kebersihannya dna saya baru tahu ada aplikasi yummy app bakal bermanfaat banget buat aku yang masih belajar memasak niy

    ReplyDelete
  6. Wah buat emak2 model aku wajib dipakai nih aplikasi yummy-nya. Setidaknya buat bantu2 ide masak di rumah.

    ReplyDelete
  7. wah mbak noor sama kita, aku jg suka intip2 alikasi yummy kalau binguung mau masak apa.

    ReplyDelete
  8. sama mbak, aku jg aplikasi yummy app ini kalau udah bingung mau bikin apa. keren deh, videonya jg enak dilihat

    ReplyDelete
  9. Saya suka banget baca tulisan ini. Baru denger tentang Yummy app ini. Enak juga bisa ngatur budget yang minim buat masak. Apalagi bisa dapet uang dari upload resep. Cuss ah, mau langsung ke sana. Makasih infonya, ya, Mbak ...

    ReplyDelete
  10. Wah, sangat menarik infonya yentang Yummy app ini. Saya suka masak dan seneng banget kalo bisa dapat uang dengan upload resep atau ikut lomba di Yummy app. Bisa ngatur budget masak yang minim juga ya. Cuss ah, mau langsung ke sana ...

    ReplyDelete
  11. Wah, sangat menarik infonya yentang Yummy app ini. Saya suka masak dan seneng banget kalo bisa dapat uang dengan upload resep atau ikut lomba di Yummy app. Bisa ngatur budget masak yang minim juga ya. Cuss ah, mau langsung ke sana ...

    ReplyDelete
  12. Alhamdullilah walaupun saya laki tapi gemar masak, di tambah ada aplikasi Yummy App pasti tambah keranjingan nie hehe

    Terimakasih sudah share Mbak :)

    ReplyDelete
  13. Jadi pengen akses Yummy ini. Biar bisa belajar masak dan dapat menu baru. Kalau masak sih memang harus belajar biar bisa. Soal mahir sih saya enggak mahir banget tapi setidaknya bisa masak buat keluarga

    ReplyDelete
  14. Boleh juga nih Mbak yummy app nya, jujur, aku pun enggak bisa masak. Tapi yg namanya ibu, kasihan juga kalau keluarga disuguhin masakan org mulu. Jadilah belajar masak ala ala. Bantu bangt nih yummy app buat ibu kayak aku

    ReplyDelete
  15. Wahh keren nih aplikasinya
    Bisa sangat membantu kita untuk memasak

    ReplyDelete
  16. Hadirnya Yummy Apps makin bikin SemangatCiee nih menyajikan hidangan yang nikmat, nggak ada alasan nggak bisa masak ya

    ReplyDelete
  17. Aku bisa masak walau gak ahli. Tapi aku gak suka masak. Gak suka banget. Kalau gsk mikirin ngirit dan perut orang serumah, asli gak bakal ngupas bawang. Tapi, kadang pengen berkreasi juga bikin kue. Yummy apps bisa jadi solusi banget nih.

    ReplyDelete
  18. Aku udah cobain aplikasi ini lho. Coba cari-cari resep buat MPASI anakku. Ada lho. Banyak pula macemnya.

    ReplyDelete
  19. Waah mau download juga yummy app. Makaish infonya ya mbak. Semoga makin sukses

    ReplyDelete
  20. Asyik banget nih aplikasinya, mau download juga dong. Makasih postingannya mbak

    ReplyDelete
  21. Asiiiik aku lagi suka masak selama opandemic, aku kepoin yummy apps aahh makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
  22. Waw.. menarik. Aku juga suka masak dan mencoba resep2 baru.
    Bisa nih download app nya. Trims

    ReplyDelete
  23. Wah.. Aplikasi baru. Tak coba install deh. Asyik2 resepnya yah

    ReplyDelete
  24. pake aplikasi yummy app mau masak apa aja gak perlu bingung sekarang, banyak banget resepnya dan mudah buat di recook

    ReplyDelete