Follow Us @soratemplates

Sunday, November 22, 2020

Task 4 Gemarapi Pakaian 2

 

Pekan ini saya benahi pakaian 2 yaitu sepatu, tas, selimut, sprei, aksesoris dan perlengkapan sholat.


Pada proses decluttering ini saya mengelompokkan pakaian 2 menjadi beberapa  sub kategori pakaian. Saya merasa dengan dibuat sub kategori pakaian, memudahkan kita saat kita ingin memakainya. Selain itu susunan pakain yang terlihat di lemari lebih rapi dan menyenangkan. 


Kelompok sub-sub kategori  yang saya buat, yaitu:


  1. Linen (Selimut, Sprei, Handuk ) dan Perlengkapan Sholat

Kelompok pakaian ini saya letakkan di bagian atas lemari.

Ada bagian khusus selimut, sprei, handuk dan perlengkapan sholat


  1. Sepatu, tas

Sub kategori ini saya buat dalam beberapa bagian, yaitu sepatu harian yang biasa dipakai, sepatu musiman (khusus) yang biasa dipakai saat tertentu saja. 


  1. Perlengkapan Sholat.

Sub kategori ini masuk dalam lemari kecil di ruang sholat. Untuk mukenanya saya masukkan di storage dan sajadahnya saya lipat rapi dalam lemari.


  1. AKsesoris

Pita rambut saya masukkan dalam box organizer yang dibuat sendiri. Topi dicantelin dan masuk ke ruang setrika. 



Proses Decluttering Kriteria Seleksi

Dalam Proses decluttering pakaian 2 ini saya menggunakan kriteria berdasarkan masih dipergunakan / masih terpilih atau tidak dipergunakan (tidak terpilih)

Dalam prosesnya diseleksi apakah masih dan layak dipergunakan dalam hal ini masih nyaman dipakai, tidak kekecilan atau ketat, dan pakaian yang tidak. Ada 4 box sebagai alat bantu, masing-masing saya tulis sesuai yang akan diisi. Sepatu , Tas  serta Linen yang akan disimpan, Sale, Donasi/Hibah dan recycle. 

Box 1. Simpan. Pakaian 2 ini masih dipergunakan jadi setelahnya segera saya rapikan lagi dan masuk dalam lemari, box dan rak sepatu.

Box 2. Sale: Pakaian 2 (sepatu, tas ) ini masih bagus. Beberapa tas dan sepatu branded sudah saya rencanakan untuk dijual. Hasilnya InsyaAllah akan saya pakai untuk menyantuni anak-anak yatim/ tidak mampu. 

BOX 3: Donasi/Hibah: Pakaian 2 ( Sepatu dan Tas) ini masih layak pakai dan bagus tapi tidak dipakai karena kekecilan dan hal yang lainnya. Rencananya akan saya hibahkan ke tetangga atau saudara.

BOX 4: Sepatu dan Tas yang rusak di bagian tertentu. Semuanya sudah saya bawa ke service tas dan sepatu. InsyaAllah setelahnya mau dihibahkan saja.


Pengalaman dalam Proses Decluttering

Proses decluttering ini bukan hal yang memberatkan buat saya karena sebelumnya banyak literasi yang sudah saya baca, dan suami juga suka rapi-rapi.

Proses decluttering pakaian 2 malah sudah kami lakukan  beberapa waktu yang lalu. Jadi sepatu, tas milik kami bertiga ( suami, anak yang sudah kelas 3 SD dan saya)  yang tidak dipakai lagi sudah masuk karung dan diletakkan rapi di gudang. Tapi sayang hanya mangkrak saja di situ. Selanjutnya baru awal pekan yang lalu saya cek kembali barang-barang tersebut yang ternyata hampir semuanya masih bagus dan layak dipakai. Sepatu dan tas-tas tersebut kemudian saya cuci bersih memakai baking soda dan saya jemur.

Alhamdulillah prosesnya sudah selesai dan dua hari yang lalu sudah dihibahkan ke tetangga-tetangga. Barang paling banyak milik anak terutama sepatunya. Bersyukurnya buah hati saya sekarang paham kalau ada barang tidak terpakai dan masih bagus, pilihannya hanya dihibahkan ke yang membutuhkan atau disale.

Hambatan dalam Menyimpan

Tidak ada hambatan yang berarti karena kami termasuk orang yang jarang beli barang kalau tidak benar-benar rusak. Sedangkan barang yang sudah tidak bisa kami pakai karena kekecilan dan lainnya sudah kami hibahkan jadi barang kami sedikit.


Sepatu, tas yang kami simpan hanya yang memang akan kami pakai saja. 

Sedikit hambatan saat menyimpan topi. Sejujurnya saya lebih suka topi masuk ke lemari juga, karena kalau  dicantelin takut mengundang nyamuk. Topi akhirnya tetap saya masukkan dalam laci lemari


Proses Organising, Analisa Rasa

  1. Rapi dan teratur

Pakaian 2 yang sudah terkurangi dan dilipat menyesuaikan jenis lemari kemudian beberapa dimasukkan dalam box sesuai sub kategori menciptakan suasana rapi dan teratur dan sedap dipandang.

  1. • Aman dan Nyaman

Decluttering pakaian 2 ruang jadi lebih longgar. Sepatu dan tas yang dipakai musiman masuk dalam storage jadi aman dari binatang seperti kecoak atau tikus.  Sepatu dan tas tas tetap aman dan nyaman dipakai karena dirawat dan dirapikan dengan benar.

3 • Sehat dan Bersih

Rak sepatu yang biasanya numpuk sandal dan  sepatu tidak terpakai jadi terlihat bersih. Tentunya serangga atau nyamuk-nyamuk juga jadi jarang yang buat lebih sehat.

•4. Alami dan Berkelanjutan

Decluttering dan organising pakaian 2 yang terpilih dan tidak terpilih ini dibersihkan dengan baking soda secara alami kita yang menetapkan. Menata pakaian yang sudah disesuaikan dengan kondisi masing-masing anggota keluarga agar nyaman dan dapat diterapkan secara berkelanjutan.




#Task4GP #gemaripakaian #gemariaksesoris #gemaripratama #gemaripratama4 #GP4kelasX (isi angka kelasnya) #menatadirimenatanegeri #gemariclass #metodegemarrapi #berbenahalaIndonesia #indonesiarapi #serapiitu #segemariitu #gemarian



No comments:

Post a Comment