Follow Us @soratemplates

Sunday, November 22, 2020

TASK 6 GEMARAPI LASTER 1 -DAPUR 2



 LASTER 1 - DAPUR (2)

Alhamdulillah setelah membenahi dapur, ruang  masak jadi  lebih lega, barang –barang yang menyesakkan mata sudah hilang dan kegiatan memasak pun jadi terasa mudah. Kini saatnya membenahi kulkas dan pantry.


 Kulkas jadi alat bantu penting buat saya untuk menyimpan makanan. Saya sendiri biasa ‘brak bruk’ meletakkan bahan makanan, ataupun makanan jadi ke dalam kulkas. Sedangkan pantry atau tempat lokasi penyimpan makanan kering yang tempatnya biasa diletakkan secara ideal rak atas kitchen set, saya tidak punya. Pantry sederhana saya adalah laci dapur yang menyatu dengan meja dapur.


 Kulkas sering saya isi bahan makanan yang akan di masak dalam sepekan. Namun sayang beberapa kali terlihat ada bahan makanan yang tak layak atau busuk dan jadi mubazir dibuang. Mungkin ini dikarenakan saya tidak pandai memperhitungkan kebutuhan bahan makanan yang mesti dibeli. Selain itu terkadang rencana mau masak gagal karena harus pergi ke rumah orang tua seharian jadi makan di sana. Kesibukan di sekolah yang kadang pulang sampai sore buat badan capek akhirnya beli makan di luar juga seringnya dapat antaran makanan dari teman atau tetangga, Alhamdulillah. 

 

Hambatan Saat Berbenah dan Cara Mengatasinya

 

Kulkas saya dua pintu. Bagian atas sering diisi es batu karena suami dan anak suka minum es, ada juga daging beku di dalamnya. Ruang chiller seringnya saya isi ikan, ayam. Seafood ataupun nuget. Sedang bagian tengah segala macam bahan makanan atau makanan ada di situ.


Ketika saat itu saya membersihkan dan membenahi kulkas, astaghfirullah saya sadar belanja banyak bahan makanan yang tidak diperhitungkan dan  akhirnya sering jadi ‘sampah’ di kulkas adalah salah. Beberapa kali sering ada bahan makan yang sudah rusak, seperti tahu dan tempe.


Dalam proses berbenah tidak ada hambatan yang berarti karena memang sudah diniatkan untuk ini. Namun ada sedikit saja saat ada noda kecap atau saus di bagian dalam yang sulit dibersihkan. Saya coba bersihkan pakai lemon, karena kebetulan kami suka stok itu  and it works, nodanya hilang.

 

Hambatan saat membersihkan dan membenahi pantry juga tidak banyak. ‘Pantry’ saya seadanya hanya dalam laci meja dapur. Karena ruang yang tidak banyak itu akhirnya ada beberapa makanan kering yang tidak masuk ke dalamnya dan saya taruh di luar. Saat membersihkan ‘pantry’ saya keluarkan semua barang-barang yang ada. Saya ganti alasnya dan masukkan kembali bahan makan kering seperti gula, teh, kopi, dll. Tidak ada hambatan yang berarti, sedikit saja dan itu adalah karena ruang yang terbatas. Jadi ada beberapa makanan kering saya letakkan di keranjang luar.

 

Proses Decluttering


Kebutuhan Makanan Harian


Untuk memenuhi kebutuhan makanan harian saya, saya sering belanja di pasar tradisional sekaligus untuk keperluan kebutuhan mingguan sepekan sekali.

Kebutuhan  mingguan diantaranya :

1.Bumbu dapur (bawang merah, bawang putih, bumbu dapur rimpang-rimpangan, dll)

2.Sayuran  ( sayuran hijau, wortel, kentang, terong, daun bawang ( sop-sopan), labu, dll

3.Ikan, ayam, seafood.

4.Tahu tempe

5.Telur

6.Buah-buahan

Sedang untuk  kebutuhan  bulanan, sebagian besar saya belanja di warung tetangga. Untuk barang yang tidak ada di warung, saya beli di supermarket dengan  membuat  catatan  terlebih  dahulu  stok barang  apa  saja  yang  sudah  habis  dan  harus  dibeli  sehingga tidak  over  budget.

 

Kebutuhan bulanan diantaranya:

1.Beras 15 Kg

2.Minyak goreng 4 Liter

3.Gula pasir 2 Kg

4.Garam 1 bungkus

5.Teh 2 box

6.Kecap, saos sambal, saos tomat 1 botol, saos tiram, kaldu jamur, tepung serba guna.

7.Aneka mie

8.Tepung terigu 1 Kg, Margarin, Keju  1 bungkus

10. Kornet, sosis, nugget, bakso 1 bungkus

12.Susu UHT 2 liter

14. Camilan anak

15. Sabun cuci piring 1 bungkus, Spons cuci piring 1 bungkus

 

 Evaluasi perencanaan belanja bulanan dan food waste di dapur


  Alhamdulillah  selama  ini  perencanaan belanja bulanan tepat sasaran dan mencukupi kebutuhan.Untuk anggaran makan selama sepekan sebenarnya sudah sesuai juga namun terkadang ada sesuatu hal yang merubah rencana, seperti moment ketika orang tua atau mertua meminta kami datang menemani beliau jadi bisa seharian makan di situ.  Saat ada tamu atau badan capek untuk masak, akhirnya makan di luar jadi pilihan. Datangnya kiriman makanan dari tetangga dan teman juga yang akhirnya bahan makanan yang rencananya mau dimasak nggak jadi. Bahan makanannya rusak dan menjadi food waste.

 

Karenanya saya sadar saya perlu menerapkan food preparation secara benar dan konsisten menentukan menu mingguan yang tidak berlebihan agar bahan makanan yang dibeli terpakai secara benar. Anak saya juga beri ide brilliant, dia bantu menuliskan apa yang ada dalam kulkas dan ditempelkan di pintu kulkas. Kata dia ini akan membantu ibu kalau-kalau ibu lupa dan malas memasak, hehehe..


 Saya juga berencana jikalau bahan makanan yang sudah direncanakan dalam sepekan itu  tidak habis, maka akan saya masak untuk dibagi-bagiikan semacam program ‘Jum’at berkah’.


BEFORE                                  AFTER


 Kebiasaan Baik di Dapur

Alhamdulillah beberapa kebiasaan baik sudah saya terapkan di dapur. Kebiasaan tersebut adalah: 

 1. Kebiasaan Harian

- Segera mencuci peralatan masak dan makan setelah selesai digunakan

- Membersihkan  dan  mengeringkan  area  cuci  piring, dapur dan kompor

- Mencuci dan mengeringkan spons cuci

- Menempatkan piring di rak piring

- Menyapu dan mengepel lantai dapur

- Memilah sampah

 

2.Kebiasaan Mingguan

-          Mengganti lap cuci tangan dan serbet dapur

-          Mengganti keset dapur

-          Membersihkan magic com

-          Mengecek persediaan sekaligus membersihkan tempat bumbu

-          Membersihkan kulkas dan mengisi stok food prep

-          Belanja stok mingguan


3. Kebiasaan Bulanan

-          Membersihkan kulkas

-          Membersihkan pantry

-          Mengatur kembali susunan barang di rak piring

-          Belanja stok kebutuhan bulanan

 

Demikian evaluasi laster 1 dapur 2 yang sudah saya lakukan. Semoga ke depan saya bisa lebih baik lagi dalam segala hal. 

 #Task7GP

 #gemaridapur

#gemaripratama

#gemaripratama4

#GP4kelasX (6)

 #menatadirimenatanegeri

 #gemariclass

#metodegemarrapi

 #berbenahalaIndonesia

#indonesiarapi

#serapiitu

 #segemariitu

 #gemarian

No comments:

Post a Comment