Follow Us @soratemplates

Saturday, January 2, 2021

Task 12 Kamar Mandi

PENGALAMAN BERBENAH

 

Program berbenah kali  ini adalah berbenah kamar mandi. Kamar mandi saya ada 3. Kamar mandi dalam kamar, kamar mandi utama dan kamar mandi dekat tempat laundry.

 

Kesemuanya tidak sama. Kalau kamar mandi dalam, seringnya dipakai saya. Luasnya cukup lumayan. Sedang dua kamar mandi lainnya luas standar dan masih memakai WC jongkok. Kamar mandi tersebut sudah ada 3 sejak rumah kami beli. Karena menurut kami sudah cukup bagus dan nyaman, jadi tidak banyak  yang dirubah .

 

A.    Gambaran kamar mandi ideal yang saya idamkan

 

Saya datang dari keluarga sederhana. Memiliki kamar mandi lebih dari satu itu sesuatu banget. Suami pernah menawarkan apakah kamar mandi  spesial buat saya yang dalam  kamar itu ingin dirubah sesuai yang saya inginkan?

 

Saya bilang tidak. Itu sudah buat saya nyaman. Sebenarnya kalau ditanya kamar mandi yang saya idamkan pastilah yang mewah seperti kamar mandi artis, hehehe. Kamar mandi yang ada corner bathttub dengan penyekat kaca jadi lantai selalu kering.  Ada wastafel yang dihiasi bunga-bunga cantiknya juga.  Namun ketika suami bertanya lagi, pada akhirnya tidak tega juga meminta lebih. Jadi kamar mandi sekarang yang sudah ada WC duduk, kemudian bak mandi bersih dengan lantai dan dinding berwarna putih bersih sudah cukup buat saya.

 

Entah kalau suatu saat benar-benar ada kelebihan rejeki dan beliau mewujudkan kamar mandi yang saya idam-idamkan, pastilah saya menerima dengan senang hati, hehehe...

 

B.     Hambatan dalam berbenah kamar mandi

 

Hambatan dalam berbenah kamar mandi dan toiletries sebenarnya    tidak    terlalu    berarti. Membersihkan  lantai  kamar  mandi, bak kamar mandi, dan  kran/shower pun cukup mudah. Sementara ini saya masih memakai sitrun atau yang biasa dikenal dengan nama’ sari kecut’. Saya sudah lama tidak menggunakan produk kemasan yang jual di toko seperti Vix*l. Hanya pakai itu saja kalau baking soda habis.

 

Untuk kamar mandi spesial saya yang berada  dalam kamar itu, kebetulan lantai, toilet duduk dan dinding berkeramik putih dengan warna yang masih bagus. Jadi sangat mudah saat membersihkannya. Namun tidak dengan kamar mandi di luar. Kamar mandi yang biasa dipakai suami dan anak saya itu meski menurut saya bersih, tapi tetap  keramik di bak , di dinding dan lantai tidak kinclong putihnya, sedikit tampak kecoklatan. Kata suami meski digosok pakai apapun tetap saja sama karena itu keramiknya sudah lama. Pengin direnovasi lagi tapi masih sayang, karena semuanya masih bagus dan kokoh. Makanya untuk menyiasatinya saya pasang wall stiker figure ‘Hello Kitty’ biar ada lucu-lucunya dikit. Sedang kamar mandi dekat laundry sangat sederhana sekali. Dipakainya jarang. Hanya ada shower, ember kecil dan keran saja.

 

Alhamdulillah ketiga kamar mandi kami sudah ada ventilasi yang cukup memaadai. Saya tidak memakai pewangi kamar mandi. Kamar mandi dalam hanya saya taruh tanaman sirih gading.

 

C. Ditinjau  dari  Checklist  RASA  ada  beberapa  hal  yang belum terpenuhi. Hal tersebut antara lain :

 

•Rapi & Teratur

Kamar mandi   luar   sering berantakan karena terkadang ada shampoo sachet yang meski sudah habis sampahnya masih berada di situ. sabun    dan    shampo    berantakan posisinya dan masih kurang bersih menyiram saat  BAK.

 

•Aman & Nyaman

Kamar mandi kami tidak ada   shower   curtain   atau   pembatas   untuk memisahkannya jadi seringnya lantai  licin dan jarang kering.

 

•Safety & Higienis

Kamar   mandi   luar   lantainya   sering   basah jadi harus berhati-hati agar tidak terpeleset

 

•Alam & Berkelanjutan

 

Saat ini kami masih menggunakan sabun, shampoo juga pembersih lantai yang belum alami. Sekarang sedang belajar eco enzyme. Semoga ke depan bisa menerapkan sustainability yang ramah lingkungan.

.

 

D.Kebiasaan   baik   yang   sudah   kami   kerjakan   untuk menjaga kebersihan kamar mandi dan toiletries yaitu :

 

-         Menjaga  kebersihan  toilet,  menyiram  toilet  dan lantai hingga bersih setelah BAK dan BAB

 

-         Membiasakan     mengembalikan     toiletries     ke tempatnya  setelah digunakan

 

-         Tidak meletakkan handuk dalam kamar mandi dan menjemurnya   di   luar   kamar   mandi   agar kering dan tidak lembab

 

-          Deep   cleaning kamar   mandi   seminggu   sekali. Kami  menyikat   lantai,   toilet,  dinding kamar mandi,  pintu,  area  toiletries  dan  kran.

-          

#TTask12GP #gemarikamarmandi #gemaripratama #gemaripratama4 #GP4kelasX (6) #menatadirimenatanegeri #gemariclass #metodegemarrapi #berbenahalaIndonesia #indonesiarapi #serapiitu #segemariitu #gemarian


No comments:

Post a Comment