Follow Us @soratemplates

Monday, November 23, 2020

TASK 5 GEMARAPI BUKU

 Proses Decluttering Buku

Sebelumnya semua buku kami letakkan campur jadi satu. Asal rapi enak saja dipandang. Beberapa juga ada di dalam kamar. Meski memudahkan saya baca pada akhirnya agak jengkel juga saat buku yang dicari entah terselip dimana. 

Untuk itu dalam menata buku saya membuat sub  kategori. Kategori tersebut adalah:

  1. Buku Fiksi

  2. Buku Agama

  3. Buku Non Fiksi

  4. Buku Komik

  5. Buku Resep

  6. Buku yang baru dibeli/ belum dibaca.


Alasan mengkategorikan buku-buku tersebut adalah karena memudahkan saya saat mencari dan ingin membacanya kembali.


Kami punya koleksi buku lumayan banyak. Dalam proses declutteringnya ada beberapa seleksi yang saya lakukan. Kategori seleksinya yaitu:


  1. Buku/majalah lama

Majalah-majalah ini umurnya sudah lebih dari lima tahun


  1. Buku anak yang sudah tidak dibaca lagi.

Buku-buku tersebut sudah dibaca oleh anak saya dan sudah bukan di kategori umurnya lagi


  1. Buku yang hampir sama materinya.

Beberapa kali saya ikut menulis buku antologi. Buku -buku tersebut saya pesan lebih dari satu. Ada juga buku yang materi/isinya hampir sama. Buku-buku itu rencananya  akan saya sumbangkan ke perpustakaan penggerak literasi desa.



Dalam decluttering klaster ini, tidak ada kesulitan  yang berarti. Suami dan anak mendukung, hambatan justru datang dalam diri sendiri. Sejujurnya saya sangat sayang banget sama buku-buku saya. Mau decluttering ada perasaan sayang. 


Namun berpikir kembali bukankah menghibahkan buku terutama pada orang yang senang  baca buku itu hal yang baik. Apalagi dalam buku tersebut memuat ilmu yang berguna. 



Kami mempunyai 4 rak buku yang berbeda. Kebetulan suami suka buat sesuatu barang dari kayu. Rak-rak tersebut dibuat suami sesuai kebutuhan. 


  1. Rak Buku Saya.

Semua  buku  diletakkan  dalam  rak  buku dengan kategori yang berbeda. Kategori buku fiksi, buku non fiksi, buku pengetahuan /buku ajar, buku komik, buku agama dan buku resep. Buku-buku tersebut masuk dalam ruang persekat dan diletakkan secara vertikal dengan judul buku terlihat di samping.


  1. Rak Buku Anak

Rak buku anak saya dibuat seperti rak buku di toko buku jadi semua buku terlihat dari depan. Buku-buku tersebut diletakkan per kategori per barisnya. Kategori buku pengetahuan agama, buku komik dan buku board book/ensiklopedia.


  1. Rak Buku Tangkring.

Saya namakan begitu karena rak tersebut sengaja dibuat nangkring di atas rak buku utama. Dalam rak tersebut sengaja saya letakkan buku-buku yang pasti dibaca, yaitu Al-Qur’an, buku jilid Iqro anak, buku resep dan komik kesukaan anak. Peletakan bukunya dibuat miring.


  1. Organizer Buku

Organizer ini sangat sederhana hanya berupa sekatan-sekatan kayu. Tempat ini sengaja dibuat khusus untuk meletakkan buku baru yang belum dibaca.


Sebagian besar buku diletakkan dengan posisi vertikal yang judul bukunya terlihat di samping. Penataan buku pada rak anak sengaja dibuat agar semua muka buku terlihat. Alasannya agar anak mudah mengambilnya. isi rak lebih rapi, muat lebih banyak dan lebih mudah ketika mencarinya serta mudah dibersihkan. Selain itu juga menyesuaikan bentuk rak buku. 


Semua sudah memiliki tempat. Kami memang sayang buku. Sebisa mungkin buku-buku yang ada kami rawat, letakkan rapi pada setiap tempatnya.  



Kami juga bercita-cita ingin memiliki perpustakaan dimana buku-buku tersebut bisa diminati dan dibaca anak-anak sekitar.


Buku digitalku masih beberapa. Buku-buku tersebut masuk dalam kategori file yang berbeda. Sebagian besar buku-buku digital saya hanya buku ajar dan buku pengetahuan bahasa Inggris karena kebetulan saya mengajar Bahasa Inggris di salah satu SMK.


Dari total semua buku yang ada, bisa dikatakan 90 % sudah terbaca semua. Saya bisa dikatakan book hunter, suka berburu buku. Suami tidak mempermasalahkan saya yang suka belanja buku, asalkan buku yang dibeli dibaca. Suami yang suka memberi dana untuk beli buku, karena itu saya sebisa mungkin tidak menyia-nyiakan apa yang beliau beri. 


Penampakan setelah penataan.




#Task5GP #gemaribuku #gemaripratama #gemaripratama4 #GP3kelasX (isi angka kelasnya) #menatadirimenatanegeri #gemariclass #metodegemarrapi #berbenahalaIndonesia #indonesiarapi #serapiitu #segemariitu #gemarian

No comments:

Post a Comment