Follow Us @soratemplates

Sunday, December 13, 2020

Task 10 Benda Kenangan

 

Berbenah benda kenangan. Saya agak bingung mencari tahu barang apa di rumah yang sebenarnya tidak terpakai dan hanya disimpan sebagai benda kenangan.

Di rumah saya ada beberapa album foto pernikahan. Ini tentunya  jadi kenangan yang manis. Lalu ada beberapa pakaian anak ketika masih bayi dan balita. Ada juga beberapa sepatu, ada 2 sepeda kecil, dan mainan kuda-kudaan.

 

 Awalnya sempat berpikir disimpan dulu saja siapa tahu buat adiknya nanti. Kemudian sadar bahwa untuk apa menyimpan barang yang tidak dipakai. Kalaupun Allah memberi anak lagi dan butuh barang-barang semacam itu, InsyaAllah yakin nanti bisa beli lagi barang yang lebih up to date dan lebih bagus. Ke semua barang yang saya sebutkan tadi sudah dihibahkan ke beberapa saudara dan tetangga.

 

Kriteria Seleksi Decluttering Benda Kenangan

1.    Sudah tidak dipakai

2.    Rusak

 

 

Barang sentimentil punya saya dan suami bisa dikatakan sedikit. Suami paling tidak suka menyimpan barang tidak jelas kegunaannya. Beliau suka decluttering dan tanpa sepengetahuan saya tiba-tiba barang itu lost pindah ke pekarangan samping rumah biar sengaja diambil tukang rongsok atau pemulung.

 

Karena itu saya juga ikut-ikutan. Terhitung barang sentimentil punya saya yang sebenarnya tidak terpakai adalah baju kebaya nikah pemberian mertua. Entahlah masih sayang. Masih kepikiran dipermak biar bisa dipakai saat acara tertentu. Barang sentimentil milik saya yang lain adalah perlengkapan umroh dan pernak pernik yang saya beli saat di Mekah

 

Perlengkapan umroh berupa baju gamis besar, khimar-khimar besar, kaos kaki wudhu, penutup telapak tangan masih saya simpan rapi karena kebetulan ibu saya berniat umroh . Barang-barang tersebut saya simpan siapa tahu ibu saya butuh.

 

Sedangkan pernak-pernik dari Mekah yang masih saya simpan berupa gantungan kunci simbol kota Mekah dan pernak pernik negara lain baru beralih tangan beberapa saja. Saya suka memberi hadiah anak didik saya jika mereka mendapat nilai bagus saat tes. Itu saya simpan buat merchandise rewards mereka.

 

Proses Organising

 

Barang kenangan yang saya sebutkan tadi saya tempatkan di tempat yang seharusnya. Perlengkapan umroh saya bungkus dalam plastik baju lalu masuk ke dalam box. Sedangkan merchandise dari Mekah saya masukkan ke dalam kotan dan taruh dalam laci. Sewaktu-waktu pasti saya keluarkan dan akan saya beri buat anak didik saya.

 

Kebiasaan terkait barang kenangan

1.    Terbiasa declutter barang yang sudah dipakai

2.    Merawat barang yang sedianya akan dipakai kembali.



      #Task10GP
#gemaribendakenangan
#gemaripratama
#gemaripratama4
#GP4kelasX (isi angka kelasnya)
#menatadirimenatanegeri
#gemariclass
#metodegemarrapi
#berbenahalaIndonesia
#indonesiarapi
#serapiitu
#segemariitu
#gemarian

No comments:

Post a Comment