Follow Us @soratemplates

Sunday, December 13, 2020

Task 6 ( Dapur 1)

 

Dalam proses decluttering dapur ini saya membuat beberapa sub kategori. Sub kategori tersebut adalah:

1.  Peralatan makan (piring, mangkuk, gelas, cutlery)

2.  Peralatan masak (panci, teflon,kukusan, sutil

3.  Peralatan kebersihan (keset, lap, serbet)

4.  Peralatan   elektronik   (magic   jar,   blender, oven listrik, mixer)

5.  Peralatan baking (loyang, cetakan kue, oven kompor)

6.  Bahan makanan (gula, garam, tepung, minyak, kecap, dll)

7.  Set pisau

8.  Kotak bekal dan botol anak

Alasannya adalah agar rapi, mudah saat mencari juga terkesan lebih mudah ditata.

 

Dalam memenuhi menu keseharian keluarga, saya berusaha menyediakan makanan  yang  sehat  dan  bergizi dan dengan cara  memasak  sendiri.  Ini yang biasa saya lakukan:

 

  • Saya terbiasa belanja bahan makanan untuk satu pekan. Saya usahakan pergi ke pasar saat weekend untuk belanja kebutuhan makanan.  Seafood, ayam, beberapa jenis sayuran hijau, buah-buahan, bumbu-bumbu, tahu, tempe dll untuk 1 pekan

 

  • Bahan-bahan makanan tersebut dimasukkan dalam kulkas dengan cara pengawetan yang pernah saya pelajari di kelas pawon. 

 

 

  • Karena kami masih keluarga kecil hanya bertiga, jadi stok makanan ditulis dan ditempel di pintu kulkas agar jangan sampai mubadzir jadi busuk tidak dimasak. Terkadang saya tulis sekalian menu  harian yang akan dimasak. 

 

  • JIka banyak sisa bahan dalam satu pekan saya masak dalam jumlah besar, Bismillah, saya sedang belajar merutinkan buat program Jum’at berkah.

 

·         Setelah melakukan decluttering saya merasa barang-barang yang ada sedikit berlebihan yang membuat sumpek. Barang yang paling banyak adalah gelas, cangkir, baskom plastik. Gelas dan cangkir ada banyak karena sengaja disimpan saat ada arisan atau pengajian di rumah biar tidak usah pinjam tetangga. Sedang baskom plastik banyak karena itu dikasih tetangga saat mereka kenduri atau hajatan, Kebiasaan masyarakat sekitar saya yang pakai baskom plastik sebagai  box atau besek makanannya. 

 

 

·         Barang yang sering digunakan peralatan makan minum, peralatan masak panci set dan penggorengan, serta baskom untuk membersihkan makanan. Peralatan elektronik yang sering dipakai magic jar, blender, food processor serta mixer. Alat pemanggang oven satu set. Alat yang belum pernah dipakai yaitu juicer. Ternyata ribet karena sudah pakai blender.

  

Penyeleksian barang dalam decluttering:

1.  Peralatan masih dipakai

Peralatan ini berupa peralatan masak yang pasti dipakai, set panci penggorengan, tempat makan dan minum. Peralatan elektronik yang pasti dipakai seperti magic jar, blender, food processor, dll.

2.          Peralatan pasti dipakai di acara-acara tertentu.

Beberapa peralatan yang tidak dipakai sehari-hari namun pasti dipakai saat-saat tertentu seperti peralatan baking karena harus buat kue, panci dan wajan ukuran besar yang pasti dipakai masak banyak saat ada saudara datang.

Sedang peralatan yang tidak masuk seleksi sudah saya declutter beberapa waktu yang lalu, yaitu beberapa panci yang sama ukurannya yang kemungkinan tidak dipakai. Tempat sayur, 1 lusin gelas kaca hadiah saat reuni yang tidak saya pakai,  baskom-baskom plastik serta tempat makan/toples yang tidak saya pakai. Barang tersebut saya hibahkan ke tetangga. 




Barang- barang terpilih

Saya  pisahkan  berdasarkan  seberapa  sering  dipakainya. Untuk peralatan makan, peralatan masak dan peralatan elektronik  yang  setiap  hari digunakan  disimpan dalam  kitchen  set dan di rak piring dalam dapur.  Hal ini memudahkan saya dan anggota keluarga saat akan dipakai. 

Untuk barang -barang yang jarang digunakan seperti gelas, cangkir untuk jamuan saat banyak tamu saya letakkan di lemari khusus, kebetulan saya taruh dalam lemari kaca. Beberapa ada yang saya masukkan dalam kardusnya agar tidak pecah. Panci , wajan besar serta oven saya masukkan dalam kitchen set bawah.

Untuk bumbu dan  bahan makanan kering, saya simpan dalam pantry/kitchen  set atau laci di  meja  dapur.

 

Tidak ada kendala berarti karena dapur kami yang ukurannya kecil memang semestinya hanya ada barang yang pasti dipakai. 

                            SEBELUM          SESUDAH

 





 Analisa Rasa

 Rapi dan Teratur 

Penataan barang-barang di dapur ditempatkan sesuai sub kategori  agar mempermudah dalam sirkulasi saat mengambil barang. Alat masak yang biasa dipakai digantung diluar. Alat masak yg jarang dipakai ditaruh di kabinet bagian bawah. Alat makan disimpan bersama alat makan lainnya, container box dan lunchbox disimpan dalam 1 tempat. Semuanya jadi lebih rapi dan teratur.

Sehat dan Bersih 

Penataan dengan barang sekitar dapur hanya ada yang terpakai saja memudahkan saya untuk menjadikan barang tersebut jadi selalu bersih. Tentunya dapur jadi tidak sumpek dan sehat karena terhindar dari binatang yang suka di tempat kotor. 

Alami dan Berkelanjutan. 

Dalam proses pengerjaanya saya menggunakan baking soda dan sedikit cairan pencuci piring. Ke depan saya sedang belajar membuat ecoenzyme yang benar-benar yang dipakai secara alami dan berkelanjutan.

 #Task6GP

#gemaridapur

#gemaripratama #gemaripratama4 #GP4kelasX (isi angka kelasnya) #menatadirimenatanegeri #gemariclass #metodegemarrapi #berbenahalaIndonesia #indonesiarapi #serapiitu #segemariitu #gemarian

.

 

No comments:

Post a Comment