Follow Us @soratemplates

Wednesday, January 27, 2021

Task 15 Rumahku Setelah Berbenah

 

Rumahku Setelah Berbenah

Kami menempati rumah ini sejak 10 tahun yang lalu, kami beli saat saya hamil anak pertama. Alhamdulillah keadaanya terbilang bagus dan susunan ruangannya pun sesuai yang saya butuhkan.

Luas rumah sekitar 225 m2. Ada halaman depan dan garasi yang lumayan luas dan sedikit halaman belakang yang diperuntukkan untuk tempat laundry. Desain rumah ini tidak banyak ruang bisa dikatakan plong-plongan sejak pertama masuk. Dari ruang tamu bisa terlihat dapur indoor, juga ruang keluarga dan ruang makan. Sebenarnya bisa saja kami beri sekat, tapi kami ingin agar  dalam rumah terang alami terutama saat siang hari, jadi sekat hanya diminimalisir pakai rak buku yang tidak begitu tinggi antara ruang tamu dan ruang keluarga.

Karena desain rumah yang buka-bukaan inilah sudah seharusnya semua bagian ruangan rapi dan bersih, terutama saat ada orang luar atau tamu bertandang.

Sebelum mengikuti kelas gemari, berbenah dan rapi hanya dalam batas waktu yang cepat, karena ada anak yang masih kelas 3 SD yang suka belajar macem-macem, terutama buat craft.

Alhamdulillah di kelas ini ada banyak sekali ilmu yang didapat. Rak buku lebih tertib dan rapi. Memudahkan anak saat ingin baca dan menempatkannya kembali. Kamar tidur jadi lebih nyaman. Lemari baju sudah tidak banyak baju-baju yang tidak terpakai karena sudah kami donasikan. Lipatan baju saya pakai metode KonMAri jadi lebih mudah saat mencari juga saat membesihkan lemari.

Barang-barang diberi rumah, jadi saat butuh dicari tidak bingung-bingung lagi.

Dapur lebih lega karena beberapa peralatan jarang terpakai disimpan tidak tampak semrawut.

Mainan anak lebih rapi dan terorganisir karena sudah dikelompokkan sesuai kategorinya. Anak pun paham untuk pakai sistem rolling permainan. Dia sendiri jadi pintar membenahi mainannya.

Daftar Kebiasaan Baik

1. Yang sudah dirutinkan

·         Menata dan merapikan tempat tidur setiap hari

·         Mengepel segera ketika dirasakan sudah kotor / lengket

·         Food preparation tidak harus ideal seperti yang lain sampai 1 pekan. Karena sering banyak makana yang dibuang jadi cukup 3 hari seali saja.

·         Mengecek kebersihan kulkas setiap hari

·         Menjemur handuk setiap pagi

·         Membersihkan area dapur dan area cuci setiap hari

·         Menguras bak mandi 1 pekan sekali

·         Menyikat kamar mandi 2 hari sekali agar tidak licin

·         Menyikat lantai dapur dan area cuci setiap kali terasa sudah licin

·         Menata buku kembali setelah dibaca

2. Yang akan dirutinkan

·         Menyapu rumah 2 kali sehari, atau minim 1x kalau tidak sempat

  • Merotasi tatanan buku supaya terbaca semua
  • Mengurangi membeli barang yang kurang dibutuhkan. Setiap pengen beli barang dipikirkan dulu matang-matang
  • Memilah sampah organik dan anorganik meski belum bisa maksimal
  • Menata obat dengan baik di pantry dan sering2 declutter
  • Menyiram tanaman setiap hari
  • Mencabut dan merapikan rumput di halaman
  • Melipat baju segera setelah diambil dari jemuran (biasanya 2-3 hari sekali)

 

Apresiasi untuk diriku dan keluarga

Alhamdulillah pembelajaran tentang berbenah ini bisa saya lampaui juga. Terimakasih untuk diriku sendiri, sudah bisa melawan rasa malas dan menyepelekan sesuatu.

Senang sekali bisa tahu dan mengenal teman-teman hebat serta fasilitator yang ciamik mbak Lesty dan ketua kelas Pahmalia di kelas Gemari ini. Pengalaman dan pembelajaran dari mereka sangat berharga.

Ilmu berbenah yang berharga, pengalaman teman dan sharing mereka dalam bumagi dan jumagi buat bonus tambahan program kelas ini.

Suami yang memang suka berbenah jadi heran lihat saya punya kita-kita khusus yang lebih efisien dalam rapi-rapih. Anak saya sudah beranjak besar jadi paham dan sedikit belajar berbenah kamar dan barang-baramgnya sendiri. MaasyaaAllaah…

Semoga setelah ini kami jadi konsisten dan menjadikan berbenah kebiasaan baik.  


#Task15GP #gemarihomesafety #gemaripratama #gemaripratama4 #GP4kelasX (isi angka kelasnya) #menatadirimenatanegeri #gemariclass #metodegemarrapi #berbenahalaIndonesia #indonesiarapi #serapiitu #segemariitu

No comments:

Post a Comment